Selasa, 24 Januari 2012

Himatan Faperta Unpad Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional


Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (Himatan) Fakultas Pertanian Unpad berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) yang digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 15-19 November 2011 lalu. Dari serangkaian lomba yang digelar, Unpad berhasil meraih Juara I untuk Karya Ilmiah, Juara III  untuk Soil Judging Competition (SJC) atau klafikasi tanah, dan Juara I untuk Cerdas Cermat.

Tim Himatan Unpad yang berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) *
Pilmitanas tahun ini mengangkat tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkeadilan untuk Kesejahteraan dan Kelestaraian Lingkungan”. Kegiatan ini juga pernah diadakan 2009 lalu di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Himatan Unpad ketika itu juga berhasil meraih juara umum.

Rangkaian acara Pilmitanas meliputi lomba-lomba seperti cerdas cermat,soil judging (klasifikasi tanah), poster dan karya tulis ilmiah. Pada lomba cerdas cermat, peserta di uji kematangannya dalam menguasai soal-soal perkuliahan. Tim unpad berhasil melewati babak dan maju ke babak final. Akhirnya dengan strategi dan kemampuan yang dimiliki tim, Tim dari Himatan Faperta Unpad berhasil mengalahkan tim dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Tim cerdas cermat Unpad diwakili oleh Joel Sihite, Sulistiawati, dan Winda Ika.

Selanjutnya, lomba soil judging competition (klasifikasi tanah).Pada lomba ini tim menurunkan Nurul Irfani, Joel Sihite, dan Winda Ika. SJC adalah bagaimana tim melakukan klasifikasi tanah secara langsung di lapangan. Kemampuan teori dan lapangan sanagt dibutuhkan dalam lomba ini. Lomba ini diadakan di kebun percobaan IPB. Dengan kerjasama dan ketelitian yang dimiliki, tim berhasil meraih juara III dalam mendeskripsikan jenis tanah secara menyeluruh.

Sementara karya tulis ilmiah dan poster, diselenggarakan secara bersamaan pada hari keempat pelaksanaan. Dalam Karya tulis ilmiah ini, tim Himatan Faperta Unpad diwakili oleh Riski Gusri Utami, Sulistiawati Pratiwi, dan Nurul Irfani. Dengan mengangkat judul “Reklamasi Lahan Bekas Tambang (Galian C) Dengan Metode Vegetasi Melalui Pengembangan Komoditas Buah Naga (Hylocereus Polyrhizus), (Studi Kasus Di Desa Cibeureum Wetan, Cimalaka, Sumedang), tim berhasil meraih juara I. Namun untuk lomba poster, Tim Unpad yang diwakili Riski Gusri Utami tidak berhasil meraih juara.
Di hari terakhir kegiatan pilmitanas, seminar nasional diselenggarakan di gedung alumni IPB. Sebagai keynote speaker adalah Kepala Badan Pertanahan Nasional RI (BPN RI) Joyo Winoto, Phd. Joyo membuka persepsi dan membuat main frame kepada para peserta seminar pada permasalahan pertanahan di Indonesia.  Seminar terdiri dari tiga sesi yang mengangkat tema “Relevansi Pengelolaan Sumber Daya Lahan Berbasis Lingkungan dengan UU 41/2009”, “Perspektif Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Sumber Daya Lahan Berkeadilan dan Berkelanjutan”, “Kebijakan alokasi sumberdaya lahan secara berkeadilan”, dan “Penataan Hukum lingkungan dalam mendukung peruntukkan sumberdaya lahan berkelanjutan”.
Kegiatan seminar diakhiri dengan pengumuman pemenang juara lomba. Tim kembali merebut juara umum pada Pilmitanas 2011. Acara di tutup dengan makrab bersama alumni Ilmu tanah IPB dan Dosen serta semua delegasi Universitas yang hadir. Pilmitanas sendiri dihadiri oleh sejumlah universitas di Indonesia yaitu, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Jember (Unej), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Universitas Hassanudin (Unhas), Universitas Khaerun Ternate (Unter), Universitas Mataram (Unram). *


0 komentar:

Posting Komentar

 

ShoutMix chat widget